Friday, June 5, 2015

Tips public speaking: Agar Bisa Presentasi Luar Biasa dan Bebas Grogi.

Saya dapat tips ringan yang lumayan efektif untuk menghilangkan grogi saat melakukan presentasi di depan orang banyak alias public speaking. Mau coba share ya, kali bermanfaat.

Jika kita melakukan presentasi di depan orang banyak, tentunya mengharapkan presentasi yang kita sampaikan menjadi suatu hal yang luar biasa, dimana orang-orang terkesima dan menikmati apa yang kita presentasikan. Mereka memahami apa yang disampaikan. Bahkan saking menikmatinya, audiens kita buat ke ‘belakang’-pun ga mau, karena takut ketinggalan materi yang kita sampaikan. Pokoknya inspiring banget deh.

Kalau anda bisa seperti itu, anda sudah selangkah lagi levelnya buat sejajar dengan Tung Desem Waringin atau Mario Teguh, hehehe :D

Tapi, terutama buat pembicara yang belum jago-jago amat jadi public speaker alias pemula, yang belum terlalu menikmati saat tampil di depan, perasaan “ingin menyampaikan materi presentasi yang luar biasa” malah akan menjadi beban lho. Malah ini akan menjadi sumber nervous dan grogi si pembicara.

Jadi kunci untuk bisa tampil luar biasa adalah dengan cara tidak berniat menyampaikan materi yang luar biasa saat akan tampil, tapi niatkan anda tampil karena ingin menyampaikan informasi yang diyakini akan bermanfaat bagi audiens. Dengan begitu, anda akan tampil lepas dan terlihat natural di depan audiens. Dan dengan sendirinya anda akan tampil luar biasa.

Tips ini saya dapat dari sahabat dan trainer saya, Taruna Perdana (@tarunaperdana). Untuk info training seputar public speaking, silakan cek www.gpssbandung.com. 

No comments:

You might like