Tuesday, March 18, 2014

Yuk Memelihara “Harimau” biar Jadi Pribadi yang Sukses

Beberapa waktu lalu saya menonton salah satu film yang berkesan buat saya, “Life of Pi”, di salah satu channel TV kabel. Sebelumnya film ini pernah saya tonton. Jadi ini untuk yang kesekian kalinya saya tonton.

Buat yang belum nonton, film ini bercerita tentang perjuangan seorang remaja bernama Pi, yang selamat dari tenggelamnya kapal laut yang dia tumpangi bersama keluarga dan penumpang-penumpang lainnya. Celakanya, walaupun dia berhasil menyelamatkan diri dengan kapal sekoci, tapi dia tidak sendiri. Di kapal sekoci itu dia tinggal bersama seekor harimau buas bernama Richard Parker.

Thursday, March 13, 2014

Kalau Anda Gagal, Ingat yang Ini ...

“Apa yang tidak bisa kita dapatkan hari ini, bisa kita dapatkan di hari esok, selama kita tidak lupa tujuan.”

Quote tadi saya dapat dari salah satu episode film seri berjudul The Profit, yang pernah saya tonton di akhir ‘90an di salah satu TV swasta kita (waduh dah lama juga ya. Jadi kelihatan deh umur saya :D ). Tapi saya masih ingat sampai sekarang, karena quote-nya memotivasi banget, terutama kalau lagi baru gagal.

Hidup Dimulai Saat...

Dulu banyak yang menyayangkan keputusan saya untuk keluar dari pekerjaan kantoran dan mengadu nasib mengejar passion berbisnis di bidang yang saya sukai. Hal ini saya lakukan karena pekerjaan yang saya lakukan sebelumnya itu bukanlah passion saya dan saya merasa bosan. Saya merasa berada di zona nyaman yang tidak nyaman. Lha kok aneh, nyaman tapi ga nyaman?

Tuesday, March 11, 2014

Suara Hati Seorang Penyelenggara Seminar dan Pelatihan

Suasana pelatihan Basic of Public Speaking batch 2 (@GPSScirebon)
Sori kalau judulnya agak lebay. Bukan juga karena lagi melo nih saya nulis ini. Cuma sharing aja :D

Terus terang ada perasaan kagum setiap kali melihat para peserta seminar / pelatihan yang saya adakan atau ikuti. Rasa kagum ini muncul karena melihat orang-orang yang mau maju, yang mau menyisihkan uang dan waktu untuk mengikuti seminar / pelatihan, agar bisnis dan karirnya makin maju, dan kehidupannya semakin membaik. Biasanya biayanya ga murah lho.

Menciptakan Kebiasaan Menulis itu Gampang

Karena sekarang sudah jadi kebiasaan, kalau sehari saja ga posting artikel di blog, kaya ada yang kurang dari hari yang saya lalui. Hambatannya bukan karena saya tidak punya tulisan buat diposting.

Sebenarnya saya setiap hari menulis artikel di buku notes saya dengan tulisan tangan. Saya bisa menulis berbagai macam topik, tergantung tema apa yang menarik untuk saya tulis hari itu. Hal ini selain karena lagi melakoni amalan graphotherapy, saya juga memang lagi merintis karir jadi penulis. Ya bermula dari tulisan ringan di blog saja dulu minimal, sebelum naik kelas menjadi penulis buku :D

Cara Efektif Berlatih Public Speaking

Berikut ini sebuah kejadian di sebuah profesi, yang bisa terjadi di profesi yang lain. Mari kita bermain analogi :D

Anggaplah anda seorang pemain bola professional yang berposisi sebagai seorang striker, maka tentunya latihan, bertanding, dan mencetak gol adalah menu wajib pekerjaan anda.

Lalu apa yang membedakan bertanding dalam "pertandingan yang bersifat latihan" dan bertanding dalam "pertandingan yang sesungguhnya"? Toh dua-duanya anda bertanding sepak bola dan berusaha memasukkan gol ke gawang lawan?

Friday, March 7, 2014

Buat yang mau karir & bisnisnya meningkat: Kenapa musti ikut seminar dan pelatihan


Suasana kelas Basic of Public Speaking batch 1 (@GPSScirebon)
Dari dulu saya paling senang dengan yang namanya seminar dan pelatihan, baik itu sebagai peserta maupun panitia / organizernya. Bisa dibilang saya termasuk ahlus-seminar wa training ^^ 

Beberapa alasan mengikuti seminar dan pelatihan itu menarik adalah:

1. “Mempertajam kapak” dengan cara belajar dari yang terbaik
Seminar dan training adalah event dimana kita bisa mendapatkan ilmu yang ingin kita pelajari dan kuasai, yang diajarkan langsung oleh ahli dan praktisinya. Ibarat kita ini penebang kayu yang sedang mengasah kapaknya agar bisa menebang lebih cepat dan banyak, kita juga setelah mengikuti seminar dan pelatihan diharapkan bisa lebih mendapatkan inspirasi dan bekerja lebih produktif lagi.
Dan di acara ini biasanya kita belajar dari yang terbaik di bidangnya. Seperti Whitney Houston bilang, “Learned from the best” :D

Empowering "TKI": for More Money & Pride of the Nation

Beberapa waktu lalu saya mengobrol dengan seseorang yang pernah bekerja di sebuah negara teluk. Saya lupa menanyakan apa pekerjaan dia selama dia disana, tapi melihat background pendidikannya yang S1 & kualitas bicaranya, rasa-rasanya dia bukan TKI biasa.

Dia bercerita tentang pengalaman dia dan seputar dunia ketenagakerjaan disana. Dari obrolan kami tersebut, saya bisa mengambil beberapa poin tentang seputar tenaga kerja disana, yang diantaranya:

Thursday, March 6, 2014

Alasan Mengapa Bahasa Tubuh yang Powerful Bisa Menunjang Bisnis dan Karir

Ada seseorang pernah bercerita, suatu saat dia sedang berpakaian biasa saja, penampilan seperti orang kebanyakan dan sedang menyetir mobil, lalu dia terjebak macet. Dia lihat di dekat dia ada polisi, lalu, sambil posisi masih di belakang kemudi mobilnya, dia tepukkan tangan memanggil polisi tersebut. Kemudian polisi itu datang mendekat dengan sikap hormat dan ramah menyapa orang yang memanggilnya. Lalu orang yang memanggil polisi itu bilang, “Pak, ini ada apa? Kok macet?”

Berani ga anda melakukan hal seperti itu ke polisi yang tidak anda kenal dan dia tidak kenal anda? Saya jamin anda ga akan berani, kecuali anda pejabat, anak pejabat, orang dekat pejabat atau petinggi aparat, atau nyawa anda ada tujuh :D

Wednesday, March 5, 2014

Strategi Jitu Penjualan -> Tolong Jangan Jual Barang kepada Saya

Penjualan bisa dibilang adalah motor dari sebuah bisnis. Tanpa penjualan, tidak akan ada uang masuk untuk membiayai operasional perusahaan tentunya. Makanya tidak heran, banyak orang yang menduduki jabatan puncak perusahaan, karirnya berangkat dari bagian penjualan dan pemasaran.

Kebetulan tadi saya ga sengaja nemu artikel menarik yang dulu pernah dikasih seorang sahabat, yang jago penjualan, kepada saya. Tapi maaf saya tidak tahu dia mengutip dari tulisan siapa. Saya coba share ke teman-teman tulisan yang bagus dan bermanfaat ini, tanpa mengurangi rasa hormat kepada penulis aslinya. Semoga menginspirasi dan jualannya makin jos gandos :D

Berikut artikelnya...

Tuesday, March 4, 2014

Tips Sukses: Catat Sukses Harian Anda

Semua orang pasti ingin sukses. Sukses punya keluarga bahagia, sukses punya bisnis yang sukses dan bekembang, sukses mencapai punyak karir, sukses berbagi manfaat bagi orang banyak, dll..

Tapi seperti kita tahu, kesuksesan besar tidak bisa kita raih secara instan. Ada proses yang harus dilalui. Dan ternyata kesuksesan besar seseorang diraih melalui kumpulan kesuksesan-kesuksesan kecil yang setiap hari kita raih.

Saturday, March 1, 2014

Kalahkan Dirimu Sendiri

Saya bukan fans lagu-lagunya Eminem, tapi ada salah satu intro dari lagu dia yang saya suka:
“Look if you had one shot or one opportunity. To seize everything you ever wanted. One moment. Would you capture it or just let it slip?”
Eminem – Loose yourself

Intro lagunya suka saya setel kalau saya lagi butuh penyemangat dan pengingat agar saya tidak menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang saya miliki :)

Tips Buat Penulis Pemula Menjadi Penulis Hebat


Buat yang baru mencoba belajar menulis, kebanyakan kita akan merasakan rasa takut bahwa tulisan kita tidak menarik, tulisannya jelek, dll.. Untuk urusan ini saya dapat tips agar bisa mengatasi perasaan takut tadi dari beberapa guru menulis yang hebat di negeri ini.

Mengapa Harus Berpikir Stratejik dalam Bisnis

Passion saya dari dulu adalah memiliki bisnis di bidang event organizer (EO) untuk acara seminar dan pelatihan buat para profesional atau pebisnis, agar mereka bisa bekerja lebih baik dan produktif lagi. Melihat bisnis mereka lebih berkembang setelah mengikuti acara yang kami buat tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi saya.

Mengapa Kalau Lagi Ada Masalah Kita Harus Bersyukur?

Gambar: beliefnet.com
Gara-gara sehabis Jumatan, jadi pengen nulis tulisan yang berbau spiritual :D

Terus terang dalam hidup dan pekerjaan, seringkali kita dihadapkan pada masalah yang kadangkala terasa pelik. Terasa solusinya di luar jangkauan kita. Bikin kita ga tau harus ngapain. Bikin seluruh hidup terasa kebawa ruwet (padahal masalah cuma 1 atau 2 doank yang berat). 

You might like