Friday, February 28, 2014

Kenapa Bimbel Laku dan Guru Harus Bisa Public Speaking?

Gara2 lg renov, jadinya parkir di trotoar. cc: @RidwanKamil :D
Tempat kerja saya yang dulu dekat sebuah sekolah swasta milik seorang ownner sebuah lembaga bimbingan belajar (bimbel) ternama di Bandung. Hampir setiap kali saya lewat sekolah itu saya melihat BMW seri 3 terbaru warna putih parkir di sekolah itu. Karena parkirnya selalu di tempat yang istimewa, makanya saya yakin itu punya si "owner" tadi. Khan rasa-rasanya ga mungkin punya salah seorang guru disitu.

Thursday, February 27, 2014

Manfaat Menulis dan Graphotherapy

Akhir-akhir ini saya lagi keranjingan menulis. Bisa dibilang penyebabnya karena saya baru ikut seminar Terbitkan Mimpimu dan saya sedang melakukan graphotherapy. Wah apaan tuh semua?

Jadi Terbitkan Mimpimu itu seminar yang buat orang-orang  yang ingin jadi penulis yang diadakan oleh Rumah Inspirasi. Saya ikut acara ini di Bandung belum ada seminggu, tapi efeknya benar-benar terasa bikin saya keranjingan menulis. Acaranya bagus banget.

Wednesday, February 26, 2014

Tidak Akan Ada Penyesalan Dari Sebuah Usaha Terbaik

Saya kadang sering merasa tidak percaya bahwa sudah lebih dari 15 tahun lalu saat pertama kali saya mulai kuliah di Bandung. Mungkin saya bisa diledek sebagai ”ga bisa move on”, heu :D. Tapi saya yakin, bukan saya saja yang merasakan hal seperti itu, dimana waktu terasa cepat berlalu.

Seperti sebuah pepatah mengatakan “Time is the enemy of youth (Waktu adalah musuh bagi masa muda).” Ya, tidak terasa waktu berlalu, mengambil hari-hari masa muda yang kita miliki.

Mengapa Harus Menguasai Keahlian Public Speaking?

Katanya ada yang bilang, “Daripada disuruh ngomong di depan orang banyak (public speaking), mending saya disuruh bungee jumping.”

Ya, sebegitu menakutkannya public speaking bagi kebanyakan orang. Tapi tahukah anda bahwa public speaking merupakan sebuah kemampuan eksklusif  yang tidak banyak orang miliki. Coba perhatikan orang-orang yang anda kenal, entah itu tokoh masyarakat yang anda kenal atau bos anda yang ngomongnya jago dan karismatik. Perhatikan juga tokoh-tokoh seperti bung Tomo, Aa Gym, Martin Luther King, bung Karno, dll.. Tidak banyak pemimpin atau tokoh yang bisa berbicara secara menarik dan inspiratif di depan orang banyak seperti mereka.

Ikut Golput = Membiarkan Kejahatan Berkuasa?

“The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing” 
Edmund Burke 

Quote di atas pertama kali saya baca di sebuah ending film yang menceritakan tentang masa awal bangkitnya Hitler & paham Nazi-nya di Jerman (saya lupa judul filmnya). Ya, yang dibutuhkan oleh sebuah kejahatan untuk bisa berjaya adalah saat dimana orang-orang baik tidak peduli / tidak melakukan apapun saat kejahatan muncul.

“Ini Perusahaan, bukan Panti Sosial”

Wih judulnya sangar banget ya. Mungkin anda menyangka itu adalah kalimat yang diucapkan oleh seorang bos yang galak dan tidak manusiawi.

Ternyata tidak juga lho. Saya dapatkan kalimat itu dari seorang sahabat yang merupakan pemilik salah satu perusahaan konsultan pemasaran yang cukup besar di Bandung. Saya mengenal dia sebagai seorang bos yang baik dan manusiawi (kebetulan saya pernah jadi anak buah dia juga).

Tuesday, February 25, 2014

Cerita Talenta Putra-putra Terbaik Indonesia: Dari IPTN ke Airbus

Saya percaya orang Indonesia itu banyak yang pintar-pintar. Sayangnya banyak dari para jenius kita ini yang berkarir di luar negeri. Padahal Indonesia, negeri tercinta kita ini, membutuhkan mereka.

Gara-gara saya baru baca artikel tentang kesuksesan PT. Dirgantara Indonesia, atau biasa disebut PT. DI mendapatkan proyek pembuatan pesawat militer dari pemerintah Filipina, saya jadi pengen menulis tentang talenta-talenta terbaik negeri kita yang tersia-sia di negeri sendiri, tapi sukses di luar negeri.

You might like