Friday, November 14, 2014

Tips Public Speaking: Be Yourself atau Be the Best?

Sering dengar khan ungkapan, “Be yourself” alias “Jadilah dirimu sendiri”? Ungkapan ini mungkin bertujuan untuk membesarkan hati dan menenangkan orang terhadap kondisi diri yang dia hadapi. Dan ini suka diucapkan ke orang yang akan tampil, agar dia bisa tampil tanpa beban dan tidak grogi.

Tapi bagaimana kalau diri kita saat ini adalah sosok yang kaku, membosankan, emosional, ngomong muter-muter, bicaranya ga menyenangkan? Maka penggunaan istilah be yourself ini bisa dikatakan tidak tepat.


Oh kalau begitu langsung saja mencoba menjadi pembicara yang terbaik. Bisa dimulai dengan cara belajar meniru pembicara terbaik yang kita tahu. 

Apa iya mesti begitu?

Mmm... begini, siapa menurut anda pembicara terbaik yang anda tahu? Banyak yang bilang Aa Gym, Mario Teguh, Tung Desem Waringin, Anthony Robbins, dll..

Bayangkan jika anda masih umur 20-an  dan menganggap Mario Teguh sebagai pembicara terbaik dan panutan anda, lalu anda mencoba tampil menjadi mirip dia; dari gaya bahasa, bahasa tubuh / gestur, bahkan hingga fisiknya kalau perlu. Superb! :D

Sahabatku yang baik hatinya, saya yakin anda bakal diketawain teman-teman anda, hehehe. Ya iyalah bapak-bapak umur 50-an mau ditiru gayanya sama anak umur 20-an. Lagian anda akan dibilang menjiplak gaya orang.

Jadi bagusnya menjadi pembicara seperti apa donk?

Setiap orang diciptakan menjadi unik. Tapi tentunya kita punya sisi terbaik dimana kita bisa memunculkannya dengan terus berlatih dan belajar.

Jadi kalau kata seorang master trainer public speaking, Taruna Perdana (@TarunaPerdana), yang tepat adalah “Be the best of yourself” alias “Jadilah yang terbaik dari dirimu sendiri".

Terus asah kemampuan, lalu tampillah dan nikmati menjadi dirimu sendiri yang mampu memunculkan sisi terbaikmu.

gambar: eklusiftheme.blogspot.com

2 comments:

dondigdo said...

kalau Sting berujar, be yourself - no matter what they say.
hebat Pak Anton, berkah selalu dengan tulisannya.

Anton Fathoni said...

You damn right. Thx, bro do. Amin, brother :)

You might like