Tuesday, November 11, 2014

Sekarang adalah Waktu yang Tepat untuk Peak Attack dalam Hidup

Sudah cukup lama juga saya tidak naik gunung. Sudah sekitar 17 tahun. Itu mah sudah lama banget ya, heu. Hari ini pas jogging, tiba-tiba teringat istilah “Peak Attack”, pas jogging-nya sudah hampir beres alias sudah hampir sampai rumah dan saya mencoba melakukan sprint.

Peak attack, sependek pengetahuan saya, adalah istilah yang digunakan oleh para pendaki gunung saat melanjutkan perjalanan setelah istirahat, dan pemberhentian berikutnya adalah puncak. Sehingga perjalanan terakhir ini biasa dilakukan dengan lebih cepat dibanding putaran-putaran sebelumnya.

Kalau dipikir-pikir, syarat-syarat sukses dalam menjalani hidup atau bisnis tak ubahnya mendaki gunung. Diantaranya adalah:

  1. Harus punya tujuan. Karena dengan memiliki tujuan, maka jalan akan tercipta dengan sendirinya.
  2. Punya bekal (logistik, peralatan, pengetahuan medan, dan ilmu)
  3. (Sangat dianjurkan) punya partner, untuk menemani dan membantu kita selama perjalanan, serta mengingatkan kita tentang tujuan kita terutama saat semangat menurun saat melewati masalah. Partner disini bisa partner bisnis, sahabat dekat, dan atau istri/suami.
  4. Punya Deadline. Karena tidak mungkin khan kita mendaki gunung sampai berbulan-bulan, heu. Sebagai contoh mendaki gunung Ciremai, biasanya didaki dalam satu malam dan ditargetkan sudah sampai pas subuh agar bisa melihat sunrise di puncak.
  5. Stamina. Karena mendaki  tidak seperti lari sprint, tapi lebih tepatnya seperti lari marathon. Ada seni menjaga fisik, ritme, dan motivasi agar bisa terus bergerak.

Terus kaitannya dengan Peak Attack tadi apa?

Jadi begini, yang namanya naik gunung atau menjalani hidup/ bisnis/ karir pasti banyak tantangan yang harus dihadapi. Seringkali tantangan-tantangan ini membuat kita terhenti dan melupakan tujuan, dan bahkan menyerah dan ingin kembali lagi ke titik awal.

Di saat seperti inilah syarat-syarat tadi diperlukan.

Dan setelah mengalami jatuh dan bangun, mungkin saat ini adalah saat yang tepat untuk memulai peak attack. Meraih puncak sesegera mungkin atau tidak akan pernah sama sekali. Kita perlu rasa keterdesakan. Karena kita tidak tahu apakah hidup kita masih berlanjut dalam 5 tahun atau 5 jam ke depan. Apakah kesempatan yang kita miliki saat ini masih kita miliki nantinya. Jangan lagi melihat ke belakang kalau hanya untuk menyesali nasib dan jangan menunda-nunda. 

Kalau kita terlambat melakukan Peak Attack, kita bisa ketinggalan melihat Sunrise.

Tulisan ini sebenarnya sekedar sharing dan pengingat bagi saya sendiri. Atu da aku mah apa atuh, sanes Tung Desem :D (ya iyalah, gue khan Anton :p).

Semoga bermanfaat. Insya Allah, see you at the top :)

Picture: gohikingwithme.blog.com

No comments:

You might like