Tuesday, March 4, 2014

Tips Sukses: Catat Sukses Harian Anda

Semua orang pasti ingin sukses. Sukses punya keluarga bahagia, sukses punya bisnis yang sukses dan bekembang, sukses mencapai punyak karir, sukses berbagi manfaat bagi orang banyak, dll..

Tapi seperti kita tahu, kesuksesan besar tidak bisa kita raih secara instan. Ada proses yang harus dilalui. Dan ternyata kesuksesan besar seseorang diraih melalui kumpulan kesuksesan-kesuksesan kecil yang setiap hari kita raih.


Saya mendapat tips sukses dari trainer saya, yaitu dengan cara mencatat sukses harian kita setiap hari. Dan seringkali yang kita anggap sebagai sukses harian bisa jadi suatu hal yang anda anggap biasa saja, bukan sebuah prestasi. Misal:

  • Pagi ini saya sukses nyuapin makan anak saya yang masih  3 tahun sampai habis.
  • Saya sukses presentasi ke 4 orang yang berbeda
  • Saya sukses mendapatkan 1 customer baru.
  • Saya sukses bisa selamat pulang ke rumah setelah bekerja seharian.
  • Saya sukses tidak membuang banyak waktu hari ini.
  • Saya sukses bisa sholat 5 waktu.
  • Dll..

Sebagian yang kita catat mungkin kelihatan remeh, tapi itu bagian proses hidup kita. Seringkali kita tidak menghargai proses hidup yang kita tempuh. Jadi hargai diri kita, dengan minimal mencatatnya. Dengan begitu kita bisa merasa lebih mensyukuri hidup, lebih bahagia, dan lebih bersemangat dalam bekerja dan menjalani hidup.

Bahkan ada cerita, yang menerapkan ritual ini, ada yang malam-malam sampai bilang begini, “Waduh, saya belum bikin kesuksesan hari ini yang (keren dan) layak dicatat. Saya harus bikin suatu kesuksesan sebelum tidur.”

Karena memang begitu. Setelah anda menjalani “ritual” mencatat sukses harian anda, biasanya anda akan merasa ketagihan untuk membuat dan mencari kesuksesan apa yang harus anda catat hari ini. Anda akan mencoba membuat sebuah prestasi yang konsisten dan terus berkembang yang mendukung prestasi besar anda.

Jadi raih kesuksesan harian anda untuk sukses yang lebih besar. Seize the day

Semoga bermanfaat :)

Picture: kathleendeggelman.com




No comments:

You might like