Saturday, March 1, 2014

Tips Buat Penulis Pemula Menjadi Penulis Hebat


Buat yang baru mencoba belajar menulis, kebanyakan kita akan merasakan rasa takut bahwa tulisan kita tidak menarik, tulisannya jelek, dll.. Untuk urusan ini saya dapat tips agar bisa mengatasi perasaan takut tadi dari beberapa guru menulis yang hebat di negeri ini.


Di sebuah seminar menulis Terbitkan Mimpimu yang saya ikuti beberapa waktu lalu, pembicara seminanya, mas Oddie (@oddie__) kurang lebih bilang begini, “Kalau suatu saat tulisan teman-teman dikritik oleh penulis senior, kita jangan berkecil hati, karena kita bisa bilang, “Ah lo dulu juga begitu (kualitas tulisannya) kaya gue sekarang.” :D

Tapi memang benar, karena tidak mungkin tulisan seseorang bisa langsung bagus, termasuk para penulis senior dan ternama sekalipun. Bahkan katanya buku fenomenal Laskar Pelangi yang merupakan karya pertama Andrea Hirata yang terbit itu mengalami proses editting sampai satu tahun.

Cerita itu membuat saya yakin bahwa menjadi penulis yang baik itu butuh proses. Sebenarnya tidak hanya untuk profesi penulis saja sih, tapi juga untuk profesi-profesi lain. Ada kurva belajar (learning curve) yang harus dilewati. Butuh proses untuk menjadi ahli.  Jadi nikmati saja prosesnya.

Kalau kata mas Jonru, “Jadilah penulis hebat”. Penulis hebat itu bukan sekedar penulis buku best seller. Tapi  lebih tepatnya, penulis hebat adalah penulis yang tidak akan merasa down saat tulisannya dihina, juga tetap berkarya alias menulis walaupun moodnya lagi jelek sekalipun.

Semoga tulisan kita semakin membaik kualitasnya dan melalui tulisan kita, kita bisa menyalurkan ide yang kita miliki dan kita bisa berbagi manfaat dari tulisan yang kita buat.

Semoga bermanfaat sharing-nya :)

gambar: und.edu

No comments:

You might like