Tuesday, March 11, 2014

Suara Hati Seorang Penyelenggara Seminar dan Pelatihan

Suasana pelatihan Basic of Public Speaking batch 2 (@GPSScirebon)
Sori kalau judulnya agak lebay. Bukan juga karena lagi melo nih saya nulis ini. Cuma sharing aja :D

Terus terang ada perasaan kagum setiap kali melihat para peserta seminar / pelatihan yang saya adakan atau ikuti. Rasa kagum ini muncul karena melihat orang-orang yang mau maju, yang mau menyisihkan uang dan waktu untuk mengikuti seminar / pelatihan, agar bisnis dan karirnya makin maju, dan kehidupannya semakin membaik. Biasanya biayanya ga murah lho.

Sudah begitu, mereka harus meluangkan waktu di tengah kesibukan atau kepenatan mereka. Kalau acaranya pas pulang kantor alias malam hari, berarti mereka mengorbankan waktu istirahat mereka setelah capek kerja seharian. Kalau acaranya Sabtu dan atau Minggu alias weekend, di saat orang-orang memanfaatkan weekend buat liburan setelah capek kerja selama 5 hari sebelumnya, eh ini malah berjuang melawan penat dan rasa malas untuk mendapatkan manfaat dari ilmu yang mereka dapat di seminar atau pelatihan yang mereka ikuti.

Selain itu, sebagai seorang penyelenggara pelatihan / seminar, saya sering merasa terharu melihat harapan dari para peserta yang tinggi dari acara yang saya adakan agar mereka bisa menjadi lebih baik lagi. Dan saya merasa bahagia jika dari acara yang kami adakan bisa memberi manfaat bagi para peserta. Alhamdulillah, seringkali saya mendapatkan ucapan terima kasih dari para peserta untuk acara yang mereka ikuti itu. Walaupun saya ga berharap ucapan terima kasih, tapi tetap saja saya senang mendapatkan ekspresi penghargaan mereka.

Ucapan terima kasih via Whatsapp dari salah satu peserta training @GPSScirebon
Walaupun saya berbisnis di bidang edukasi, khususnya pelatihan dan seminar, tapi saya tidak merasa bekerja sebagai seorang EO atau penjual pelatihan. Saya lebih merasa bahwa pekerjaan saya adalah membantu orang agar karir, bisnis, dan kehidupan mereka lebih baik lagi, melalui program edukasi yang kami adakan. Jadi saya tidak pernah memaksa seseorang untuk ikut acara saya itu, karena saya hanya mau membantu orang yang mau dibantu.

Semoga saya bisa terus berperan positif memberi manfaat bagi para peserta seminar & pelatihan yang saya adakan atau bawakan :)

No comments:

You might like