Saturday, March 1, 2014

Mengapa Harus Berpikir Stratejik dalam Bisnis

Passion saya dari dulu adalah memiliki bisnis di bidang event organizer (EO) untuk acara seminar dan pelatihan buat para profesional atau pebisnis, agar mereka bisa bekerja lebih baik dan produktif lagi. Melihat bisnis mereka lebih berkembang setelah mengikuti acara yang kami buat tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi saya.

Dulu saya sempat bekerja sama dengan sahabat saya yang memiliki perusahaan konsultan pemasaran untuk membuat sebuah  anak perusahaan di bidang EO tadi. 

Suatu hari kami sedang berdiskusi. Disitu dia bilang sebaiknya saya off dulu dari pekerjaan yang sedang kami rintis ini dan coba untuk kerja di perusahaan sejenis seperti yang kami rintis, tapi yang sudah besar dan sukses tentunya. Di perusahaan itu diharapkan saya bisa mengambil pelajaran tentang cara kerja dan sistem perusahaan mereka. Lalu setelah cukup dapat “ilmunya”, maka baru saya keluar dan lanjut mengembangkan perusahaan baru kami tersebut.

Memang ini lebih terasa masuk akal dibanding memulai sebuah perusahaan tanpa ilmu yang cukup. Melakukan banyak hal berdasarkan trial and error, tentunya sangat berisiko. Memang butuh strategi untuk mencapai tujuan, tidak bisa asal labrak saja.

Dia mengistilahkan itu sebagai berpikir stratejik (strategic thinking).

Walaupun saran dia tidak saya terapkan dan kerjasama kami tidak berlanjut, tapi saya mengambil pelajaran tentang petingnya menyusun rencana dan strategi dalam menjalankan usaha. Terkadang untuk mencapai tujuan perlu strategi, tidak seperti asal tarik garis lurus di peta. Kadang harus menyamping dulu jalannya. Ibaratnya tidak sekedar membuka toko dan menunggu pembeli datang.

Seperti sebuah pepatah China mengatakan, “Membuka toko itu mudah, tapi membuatnya tetap buka itu seni.” 

Jadi jalankan bisnis kita dengan sebuah visi dan jangan lupa untuk berpikir dan bertindak stratejik, agar bisnis bisa terus berkembang dan mencapai tujuan dan visi kita.

Just sharing. Semoga bermanfaat :)


gambar: msn.com

No comments:

You might like