Tuesday, March 11, 2014

Menciptakan Kebiasaan Menulis itu Gampang

Karena sekarang sudah jadi kebiasaan, kalau sehari saja ga posting artikel di blog, kaya ada yang kurang dari hari yang saya lalui. Hambatannya bukan karena saya tidak punya tulisan buat diposting.

Sebenarnya saya setiap hari menulis artikel di buku notes saya dengan tulisan tangan. Saya bisa menulis berbagai macam topik, tergantung tema apa yang menarik untuk saya tulis hari itu. Hal ini selain karena lagi melakoni amalan graphotherapy, saya juga memang lagi merintis karir jadi penulis. Ya bermula dari tulisan ringan di blog saja dulu minimal, sebelum naik kelas menjadi penulis buku :D

Ternyata kebiasaan menulis memiliki banyak manfaat yang tidak terbayang sebelumnya. Yang saya alami sekarang, ternyata memang menulis bisa menjadi sebuah terapi karena saya bisa menyalurkan apa yang saya pikirkan, sehingga tidak berhenti di kepala saya. Jadi bisa melepas unek-unek juga. Dan katanya, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya”. Jadi kalau kita dapat ilmu atau pengetahuan baru, sebaiknya kita tulis. 

Dulu saya sempat berpikir bahwa saya akan bisa mulai menulis secara baik kalau sudah ikut pelatihan menulis yang bagus, terus punya laptop yang canggih, ringan, dan baterainya lama, sehingga saya bisa mengetik kapanpun, dimanapun (khan kelihatan keren klo lagi serius ngetik sambil nongkrong di kafe :D ). Ternyata pemikiran saya ini memang salah. Ternyata bermodal buku notes sederhana, saya bisa menghadirkan berbagai macam tulisan. Dimanapun dan kapanpun saya berada. 

Kalau anda beranggapan seperti saya yang dulu itu, harus menunggu ilmu menulis yang cukup, waktu dan perlengkapan yang ideal untuk menulis, maka tahukah anda banyak tokoh-tokoh di Indonesia dan dunia bisa menciptakan karya-karya tulis monumental justru di saat mereka mengalami keterbatasan. Misalnya saat mereka dipenjara, dimana jangankan komputer ataupun mesin tik, lembaran kertas dan pulpen saja mereka susah dapatkan. Ditambah lagi jaman dulu, dijamin jarang ada pelatihan menulis seperti sekarang.

Saat ini yang jadi hambatan saya dalam memposting tulisan di blog adalah karena ga sempat memindahkan dari tulisan tangan ke laptop dan terus mempostingnya. Semoga kedepannya tulisan saya lebih baik lagi dan lebih termanage, sehingga bisa berbagi hal-hal bermanfaat di blog ini :)

gambar: softchalk.com

No comments:

You might like