Friday, March 7, 2014

Buat yang mau karir & bisnisnya meningkat: Kenapa musti ikut seminar dan pelatihan


Suasana kelas Basic of Public Speaking batch 1 (@GPSScirebon)
Dari dulu saya paling senang dengan yang namanya seminar dan pelatihan, baik itu sebagai peserta maupun panitia / organizernya. Bisa dibilang saya termasuk ahlus-seminar wa training ^^ 

Beberapa alasan mengikuti seminar dan pelatihan itu menarik adalah:

1. “Mempertajam kapak” dengan cara belajar dari yang terbaik
Seminar dan training adalah event dimana kita bisa mendapatkan ilmu yang ingin kita pelajari dan kuasai, yang diajarkan langsung oleh ahli dan praktisinya. Ibarat kita ini penebang kayu yang sedang mengasah kapaknya agar bisa menebang lebih cepat dan banyak, kita juga setelah mengikuti seminar dan pelatihan diharapkan bisa lebih mendapatkan inspirasi dan bekerja lebih produktif lagi.
Dan di acara ini biasanya kita belajar dari yang terbaik di bidangnya. Seperti Whitney Houston bilang, “Learned from the best” :D

2. Mengambil jalan pintas
Dari para pembicara / trainer di seminar atau pelatihan yang kita ikuti, kita bisa menimba ilmu dan pengalaman yang dimiliki oleh para pembicara. Kita tidak perlu ikut menjalani proses pembelajaran para pembicara, juga trial & error yang mereka alami, hingga bisa mendapatkan ilmu yang disampaikan di seminar dan pelatihan itu. Kita bisa langsung mendapatkan sari pati ilmu dan pengalamannya dalam waktu singkat di acara itu.

3. Networking
Di seminar dan pelatihan kita bisa bertemu dan networking dengan orang-orang hebat, baik itu pembicaranya maupun sesama peserta. Makin mahal biayanya biasanya makin berkelas dan eksklusif pesertanya. Dan acara seperti ini adalah kesempatan untuk networking dan menjalin kedekatan, misal pas coffee break atau lunch. Melakukan networking saat mengikuti seminar atau pelatihan akan terasa lebih smooth dan nyaman, dibanding mendadak ketemuan pas acara nikahan, kunjungan ke kantor, atau open table di mall. Jadi, jangan lupa bawa kartu nama kalau ikut seminar atau pelatihan.

Jadi biarpun dibilang pelatihan yang bagus itu biasanya mahal, tapi kalau memang bagus dan bisa membuat bisnis dan karir kita makin melesat, why not? Anggap saja biaya pelatihan itu sebagai umpan. Dan yang namanya umpan, pasti lebih kecil dari pada yang ingin kita tangkap. Artinya kita berharap hasil yang berlipat-lipat dari pengorbanan yang telah diberikan.

Sesuai pemisalan kita seperti penebang kayu yang mengasah kapak tadi, begitupun kita, jangan terus-terusan bekerja. Sisihkan juga waktu untuk menimba ilmu pendukung pekerjaan, agar bisa makin inovatif, efektif, dan efisien, plus jaringan meluas. Dan akhirnya karir makin menanjak & bisnis berkembang :)

Semoga bermanfaat. Sukses selalu :)

No comments:

You might like