Thursday, March 6, 2014

Alasan Mengapa Bahasa Tubuh yang Powerful Bisa Menunjang Bisnis dan Karir

Ada seseorang pernah bercerita, suatu saat dia sedang berpakaian biasa saja, penampilan seperti orang kebanyakan dan sedang menyetir mobil, lalu dia terjebak macet. Dia lihat di dekat dia ada polisi, lalu, sambil posisi masih di belakang kemudi mobilnya, dia tepukkan tangan memanggil polisi tersebut. Kemudian polisi itu datang mendekat dengan sikap hormat dan ramah menyapa orang yang memanggilnya. Lalu orang yang memanggil polisi itu bilang, “Pak, ini ada apa? Kok macet?”

Berani ga anda melakukan hal seperti itu ke polisi yang tidak anda kenal dan dia tidak kenal anda? Saya jamin anda ga akan berani, kecuali anda pejabat, anak pejabat, orang dekat pejabat atau petinggi aparat, atau nyawa anda ada tujuh :D


Diperlakukan seperti itu, secara manusiawi, polisi itu tidak akan mau mendekat dan tetap ramah dan hormat, kecuali dia mengenal anda, atau melihat baju (seragam) yang anda pakai, atau dia melihat bahasa tubuh anda. Dari bahasa tubuh anda, orang bisa menilai apakah anda orang biasa saja atau tipe bukan orang sembarangan.

Ya, bahasa tubuh memang sangat menentukan dalam berkomunikasi. Tahukah anda bahwa 55% komunikasi adalah bahasa tubuh?

Perhatikan saja bahasa tubuh atau gerak-gerik orang-orang di sekitar anda yang anda kenal. Bos anda, manajer anda, pembicara nasional yang anda kenal, office boy, driver, pembantu, dll.. 

Perhatikan bagaimana sikap dan gerak-gerik seorang bos yang berwibawa saat memberi arahan ke anak buahnya, lalu perhatikan sikap anak buahnya saat menerima arahan. Bahkan tanpa mengeluarkan sepatah katapun, cukup dengan isyarat dari bos, anak buahnya tahu harus melakukan apa

Perhatikan juga bagaimana bahasa tubuh seorang sales yang sukses saat berbicara dengan kliennya. Sales yang jago akan tahu sinyal dari bahasa tubuh kliennya saat sudah mulai tertarik dengan apa yang dia tawarkan.

Semua itu bisa menjadi bahan pelajaran untuk anda Amati, Tiru, dan Modifikasi alias jurus ATM :D

Menurut seorang pakar public speaking bernama Taruna Perdana, dia bilang:
"Penguasaan bahasa tubuh yang baik adalah salah satu rahasia dari orang-orang yang berkharisma, negosiator ulung, pemimpin yang berpengaruh, public speaker yang efektif, dan pasangan yang harmonis"

Jadi kalau anda ingin sukses, siapkan diri anda dengan melatih kemampuan komunikasi anda dan bahasa tubuh anda agar bisa menunjang karir dan bisnis.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu :)

gambar: gingerpublicspeaking.com

No comments:

You might like