Wednesday, February 26, 2014

Mengapa Harus Menguasai Keahlian Public Speaking?

Katanya ada yang bilang, “Daripada disuruh ngomong di depan orang banyak (public speaking), mending saya disuruh bungee jumping.”

Ya, sebegitu menakutkannya public speaking bagi kebanyakan orang. Tapi tahukah anda bahwa public speaking merupakan sebuah kemampuan eksklusif  yang tidak banyak orang miliki. Coba perhatikan orang-orang yang anda kenal, entah itu tokoh masyarakat yang anda kenal atau bos anda yang ngomongnya jago dan karismatik. Perhatikan juga tokoh-tokoh seperti bung Tomo, Aa Gym, Martin Luther King, bung Karno, dll.. Tidak banyak pemimpin atau tokoh yang bisa berbicara secara menarik dan inspiratif di depan orang banyak seperti mereka.

Biasanya public speaking hanya dimiliki oleh orang yang punya posisi / jabatan yang lumayan tinggi di tempat kerjanya, semisal direktur, manajer, dan atau supervisor.  Mereka memerlukan kemampuan public speaking yang baik, karena mereka di posisi memimpin bawahan. Mereka harus bisa berkomunikasi dengan banyak orang, sekaligus menginspirasi dan memimpin bawahan.

Jadi terbayang khan pentingnya memiliki kemampuan public speaking, yang merupakan bagian dari keahlian komunikasi.

Sehubungan dengan keahlian komunikasi tadi, tentunya semua orang ingin sukses dalam hidup dan karir. Tapi tahukah anda bahwa ternyata kemampuan berkomunikasi adalah salah satu keahlian utama yang dibutuhkan seseorang untuk bisa sukses di dalam pekerjaan. Dan keahlian public speaking itu bagian dari keahlian berkomunikasi

Jadi bagi anda yang ingin sukses, pastikan anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Baik itu kemampuan berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan, bawahan, customer, rekanan, istri / suami, anak, keluarga, dll.. Pastikan juga anda menguasai kemampuan public speaking. 

Jika anda sudah memiliki komunikasi yang baik, maka bersiaplah dengan kondisi kehidupan anda yang menjadi lebih baik, baik itu di rumah maupun tempat kerja. Lalu anda akan merasakan karir anda semakin membaik.

Jadi siapkan diri anda untuk hidup yang lebih baik lagi. Karena peluang datang kepada orang yang siap.

Semoga bermanfaat :)

Gambar: iklan Ameritrade

No comments:

You might like