Thursday, February 27, 2014

Manfaat Menulis dan Graphotherapy

Akhir-akhir ini saya lagi keranjingan menulis. Bisa dibilang penyebabnya karena saya baru ikut seminar Terbitkan Mimpimu dan saya sedang melakukan graphotherapy. Wah apaan tuh semua?

Jadi Terbitkan Mimpimu itu seminar yang buat orang-orang  yang ingin jadi penulis yang diadakan oleh Rumah Inspirasi. Saya ikut acara ini di Bandung belum ada seminggu, tapi efeknya benar-benar terasa bikin saya keranjingan menulis. Acaranya bagus banget.

Dari seminar itu diantaranya saya diajarkan tentang manfaat menulis, yaitu kita bisa berbagi manfaat melalui tulisan yang kita buat. Selain itu juga, menulis itu bagus buat kejiwaan kita lho. Karena dengan menulis kita bisa menuangkan uneg-uneg kita dan pikiran yang kita miliki, biar ga numpuk di kepala. Ibarat balon yang terus diisi air, kalau nggak segera dikurangi airnya, bisa meledak. Jadi menulis juga bagian dari terapi buat jiwa lho.

Terus kaitannya sama graphotherapy tadi apa?

Pernah dengar tentang graphology? Graphology itu ilmu tentang membaca sifat dan karakter seseorang dari tulisan tangannya. Dan graphotherapy adalah terapi psikologis untuk bisa merubah sifat dan karakter kita melalui mengubah tulisan tangan. Dan ini dilakukan dalam suatu periode tertentu, yang biasanya sebulan (CMIIW :D)

Jadi sambil menulis dengan pulpen di notes saya, ya sekalian saja saya menuliskan apa yang ada di pikiran saya. Dan catatan di notes saya ini saya anggap sebagai draft yang kemudian saya ketikkan di laptop saya.

Alhamdulillah, dari pengalaman pribadi saya melakukan hobi baru menulis dan graphotherapy ini, saya merasakan pikiran saya lebih plong dan terasah. Dan tentunya tulisan tangan saya terasa semakin membaik bentuknya :p.

Semoga bermanfaat sharing-nya :)

Gambar: profkrg.com

No comments:

You might like