Monday, October 21, 2013

Perencanaan Keuangan Anda Tidak Lengkap Tanpa Asuransi


Kebanyakan kita pasti paling males kalau ada yang nawarin asuransi ke kita, iya khan? Boro-boro sempat ditawari, kadang kalau kita tahu seseorang itu agen asuransi, kita langsung menjaga jarak. Itu pengalaman kebanyakan kita lho. Termasuk saya dulu.

Kalau analisis saya kenapa hal ini bisa terjadi adalah karena:

Saham Un(der)cover: Tipe Pemain Saham yang Bagaimana yang Biasanya Untung? (bagian 2)


...
Masalahnya, saya lihat kebanyakan yang rugi di saham adalah orang yang "aktif" transaksi hampir tiap hari dan lebih didasarkan karena faktor ikut-ikutan. Dia tidak tahu fundamental perusahaan yang dia beli. Mereka berasumsi, “ngapain beli saham yang fundamentalnya bagus, tapi harganya ga gerak-gerak”. Ada juga yang bilang, “Masa bodoh dengan fundamental, kalo lagi rame sahamya, saya beli. Jadi saya bisa ikut untung kalau sahamnya masih lanjut naik.” Dan, tadaa, orang itu saya lihat portofolio sahamnya banyak yang nyangkut :((

Saham Un(der)cover: Tipe Pemain Saham yang Bagaimana yang Biasanya Untung? (bagian 1)

Di tulisan ini saya mencoba sharing tentang salah satu realita di pasar modal yang saya dan teman-teman saya temui, yang mungkin bermanfaat dan bisa jadi inspirasi dalam berinvestasi di pasar modal.


Di dunia saham, biasanya kami yang terjun di dunia ini mengenal dua tipe ekstrim ‘pemain’ / investor saham. Yang satu tipe Trader, dan yang lainya adalah tipe Investor. Sebenarnya ada tipe lain, yaitu gabungan trader dan investor dan ada juga tipe ‘nyangkuter’. Saya coba jelaskan satu-satu deh.

You might like