Sunday, January 13, 2013

Kemampuan Kita Lebih dari Yang Kita Duga



Percaya ga, biarpun badan saya kecil begini, saya bisa mematahkan besi pegangan pompa air manual (biasa disebut “pipa pompa dragon”)  pakai kepalan tangan dan pensil kayu pakai jari kelingking tangan? Bukan karena saya sakti, saya bisa begitu. Bukan juga karena saya orang Cirebon (emang napa kalau dari Cirebon? Biasa aja kalee :D ).
ilustrasi: stang / pipa pompa dragon

Saya juga sama seperti orang biasa lainnya. Kemampuan saya tadi, saya yakin semua orang normal juga bisa lakukan. Ga usah laki-laki muda yang ikut bela diri, ibu-ibu rumah tangga biasa juga bisa melakukannya. Memang ada tekniknya, tapi bukan teknik yang mejik atau latihan keras yang lama. Tekniknya bisa diajarkan kurang dari 1 jam, saya yakin. Kuncinya: “Yakin kita bisa”.

Saturday, January 12, 2013

Cara membentuk kebiasaan baru dalam 30 hari

Saya pernah baca-baca sebuah artikel, katanya kalau kita bisa mempertahankan sebuah aktivitas rutin / kebiasaan baru dalam 30 hari, maka di hari-hari berikutnya itu akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan terus dilakukan. Teori ini diambil dari ‘elmu psikologi modern, katanya.

Masuk akal juga saya pikir. Saya jadi inget tentang buku berjudul Myelin, karangan Rhenald Kasali. Katanya otak di tubuh kita ternyata bukan hanya otak kepala kita saja. Lho kok? Maksudnya? Waduh saya juga agak lupa detilnya. Tapi intinya di dalam sel-sel tubuh kita yang banyak ini, di tiap selnya terdapat lapisan yang bernama myelin yang berfungsi menyimpan memori.

Friday, January 11, 2013

Cara Mengatasi Grogi Saat Public Speaking


Beberapa waktu ini saya baru saja memulai ikut kelas pertama pelatihan public speaking. Ya, saya ikut karena merasa kemampuan berbicara saya di depan publik masih kurang. Masih suka ada perasaan grogi, karena takut apa yang bicarakan salah atau kurang menarik. Selain itu saya merasa bahwa ide yang ingin saya sampaikan, jika berbicara di depan publik, ko ya suka mampet ya. Malah jadi tidak sistematis kalau disampaikan.

Halah, sistematis :p. Gaya-gayaan banget bahasanya. Iya deh, acak-acakan :D

Thursday, January 10, 2013

Kesempatan Datang Kepada Orang Yang Siap


Saya memiliki sahabat-sahabat yang luar biasa dan sukses membangun sebuah perusahaan konsultan bidang manajemen & pemasaran di Bandung, yang memiliki klien perusahaan nasional & multinasional. Sangat mengagumkan menurut saya, mengingat saat mereka memulai bisnisnya ini (kurang dari 10 tahun lalu), mereka belum lulus kuliah S1, dan bahkan belum pernah bekerja di perusahaan orang.

Karena lazimnya orang yang memulai bisnis konsultan bidang ini, saya pikir, harusnya orang yang sudah punya gelar akademik setidaknya S2 dan pernah bekerja di perusahaan besar dengan menempati posisi yang penting. Atau setidaknya pernah kerja di perusahaan konsultan sejenis.

You might like