Sunday, January 13, 2013

Kemampuan Kita Lebih dari Yang Kita Duga



Percaya ga, biarpun badan saya kecil begini, saya bisa mematahkan besi pegangan pompa air manual (biasa disebut “pipa pompa dragon”)  pakai kepalan tangan dan pensil kayu pakai jari kelingking tangan? Bukan karena saya sakti, saya bisa begitu. Bukan juga karena saya orang Cirebon (emang napa kalau dari Cirebon? Biasa aja kalee :D ).
ilustrasi: stang / pipa pompa dragon

Saya juga sama seperti orang biasa lainnya. Kemampuan saya tadi, saya yakin semua orang normal juga bisa lakukan. Ga usah laki-laki muda yang ikut bela diri, ibu-ibu rumah tangga biasa juga bisa melakukannya. Memang ada tekniknya, tapi bukan teknik yang mejik atau latihan keras yang lama. Tekniknya bisa diajarkan kurang dari 1 jam, saya yakin. Kuncinya: “Yakin kita bisa”.


ilustrasi: pensil kayu
Saya cerita begini bukan maksud sok jago atau nyombong, tapi buat nunjukin bahwa kemampuan kita sebagai manusia seringkali lebih dari yang kita duga. Kita seringkali merendahkan diri sendiri. Apalagi kalau lagi ngerasa down or galau.

Bayangkan pipa yang terbuat dari besi bisa patah oleh genggaman tangan. Jari terlemah tangan kita itu jari kelingking, dan itu bisa dipakai buat matahin pensil yang terbuat dari kayu yang biasa dipakai ujian. Wow! (ga make salto or gugulingan :p)

Beberapa waktu lalu, trainer kelas public speaking yang saya ikuti memberi tugas, namanya “Apresiasi Sosial”. Jadi tugas ini adalah kita disuruh menanyakan ke teman-teman masing-masing tentang kelebihan pribadi kita. Saya pun menanyakan ke beberapa sahabat saya tentang kelebihan saya. 

Dan saya pun cukup terkejut dengan apa yang dikatakan teman-teman saya, tentang nilai positif yang saya miliki. Walaupun saya akui yang mereka katakan tidaklah berlebihan dan jujur. Tapi apa yang mereka tulis tentang saya, membuat saya menjadi lebih berkaca dan lebih membesarkan hati.
Saya pikir, anda kalau lagi merasa down dan sedang merasa rendah diri, bisa mencoba cara ini. Anda minta ke orang-orang yang dekat dengan anda – entah itu sahabat, teman, saudara, dan lainnya - untuk menuliskan hal-hal positif apa saja yang anda miliki. Bilang saja buat tugas pelatihan yang anda ikuti atau apa lah, dan minta dijawab secara jujur. Dan temukan hal yang menakjubkan tentang diri anda, dari sudut pandang mereka yang mengenal anda. Semoga ini bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri dan menambah energi anda.


No comments:

You might like