Saturday, January 12, 2013

Cara membentuk kebiasaan baru dalam 30 hari

Saya pernah baca-baca sebuah artikel, katanya kalau kita bisa mempertahankan sebuah aktivitas rutin / kebiasaan baru dalam 30 hari, maka di hari-hari berikutnya itu akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan terus dilakukan. Teori ini diambil dari ‘elmu psikologi modern, katanya.

Masuk akal juga saya pikir. Saya jadi inget tentang buku berjudul Myelin, karangan Rhenald Kasali. Katanya otak di tubuh kita ternyata bukan hanya otak kepala kita saja. Lho kok? Maksudnya? Waduh saya juga agak lupa detilnya. Tapi intinya di dalam sel-sel tubuh kita yang banyak ini, di tiap selnya terdapat lapisan yang bernama myelin yang berfungsi menyimpan memori.

Myelin tadi terbentuk dari kebiasaan yang biasa kita lakukan. Myelin tadi ‘merekam’ hal-hal apa saja yang biasa kita lakukan. Dan jika kita melakukan apa yang menjadi kebiasaan tersebut, tubuh kita akan bergerak cepat, bahkan seperti tidak dikomandoi otak lagi.

Mau contoh? Misal anda biasa mengetik cepat dengan 10 jari, ngerasa nggak kalau jari anda ‘seolah’ bergerak sendiri  begitu kita ingin mengetik suatu kata / kalimat? Itu sel myelin di jari kita sudah hafal kalo majikannya mau ngetik apa, maka jari apa saja yang harus gerak.

Banyak contoh lain. Misal pekerja pabrik sepatu. Khan mereka biasanya dibagi berdasar spesialisasinya masing-masing. Yang bagian masang sol sepatu, hayu we tiap hari masang sol sepatu. Yang motong bahan buat kulit sepatu, juga begitu, motong aja tiap hari kerjaannya. Karena tiap harinya mereka begitu, dengan spesialisasinya masing-masing, ya kecepatan mereka akan terus meningkat. Coba aja dituker peran mereka. Dijamin kecepatannya beda atau menurun.

Terus kaitannya dengan yang soal 30 hari tadi gimana?

Sori agak panjang lebar ngomongin Myelin, kita balik ke soal membentuk kebiasaan baru dalam 30 hari tadi. Jadi kalau kita bisa mempertahankan suatu kebiasaan baru dalam 30 hari, ya siap-siap aja seiring waktu myelin kita terbentuk untuk biasa melakukan hal tersebut di hari-hari berikutnya.

Jadi mumpung masih tahun baru, semangat baru (karena kiamat ga jadi :D), ayo, brosis, coba bikin list “30 hari membentuk kebiasaan baru”. Yang positif tentunya. Yang bisa menjadi life-changer kita ke arah yang lebih baik.

Contohnya ni:
  1. Dalam 30 hari ke depan saya mau berhenti merokok
  2. Dalam 30 hari ke depan saya mau batasin browsing berita-berita yang ga penting, jadi cuma 30 menit sehari dan juga batasin nonton film & tv jadi cuma 30 menit / hari.
  3. Dalam 30 hari ke depan saya setiap harinya mau beribadah rutin & tepat waktu.
  4. Dalam 30 hari ke depan saya mau baca buku tentang bisnis, tiap harinya 20 halaman, dan bikin rangkumannya buat dipasang di blog.
  5. Dalam 30 hari ke depan saya mau latihan ngomong di depan orang alias public speaking secara rutin, sejam sehari.
  6. Dalam 30 hari ke depan saya mau olah raga rutin 2 hari sekali.
  7. Dll..


Tadi itu di atas cuma contoh lho, bukan list-nya saya :)

Ya saya pribadi juga bikin program 30 hari membentuk kebiasaan baru. Karena saya percaya ini akan menjadi hal yang menjadi pengubah hidup saya. Sori list-nya ga bisa dibuka *malu :”>

Ok deh saya bocorin sedikit (siapa juga yg nyuruh, ge er pisan, heu :p). Sekarang ini saya sedang membuat kebiasaan baru menulis setidaknya 1 artikel per hari untuk blog saya. Saya coba menulis hal-hal yang saya pikir bisa bermanfaat dan layak untuk dishare ke orang lain, dari apa yang saya temui setiap harinya.

Karena saya masih pemula, tentunya kualitas tulisan saya belum bagus. Walaupun saya yakin jam terbang akan memperbaiki kemampuan saya dengan sendirinya, tapi tetap saja saya suka memperhatikan gaya penulisan bacaan-bacaan yang saya baca setiap harinya. Semoga seiring waktu, ya kualitasnya jadi lebih baik.

Begitu deh, bro & sis. Hayu ah, semangat! Jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dengan selalu melakukan hal-hal yang positif secara terarah, sesuai tujuan yang kita ingin capai.

Make your own list! It’s your life, don’t you forget.

Semoga bermanfaat dan jadi inspirasi :)

Picture: projectlifemastery.com

2 comments:

:::::Nunk's::::: said...

Nice info gan. Ijin Simak ya http://tukang-ngoprek.blogspot.com

Anton Fathoni said...

Thanks, gan. Semoga bermanfaat. Maaf baru reply. Baru tahu ada comment. Maklum masih nubie :D

You might like