Saturday, November 24, 2012

Motivasi Menulis Blog (Lagi)


Sekarang- sekarang ini hobi menulis blog kayanya mulai ditinggalkan. Beberapa seleb online yang tadinya terkenal karena blog mereka, saya lihat juga mulai hiatus (alias tidak aktif menulis di blog lagi) dan mereka kebanyakan beralih ke media sosial lain yaitu Twitter.

Memang nge-Twit bisa dibilang lebih mengasyikkan, karena apa yang ditulis ga perlu panjang-panjang, cuma 140 karakter. Selain itu sifatnya yang interaktif. Dan yang mungkin menjadikan para 'seleb' ini lebih memilih Twitter dibanding blog sekarang ini adalah karena lebih mudah bagi mereka mendapatkan uang. Karena follower-nya banyak dan dia merupakan seorang buzzer atau influencer, maka dia bisa menjadi media iklan bagi yang mau beriklan. Sekali nge-twit bisa dapat jutaan rupiah lho. Bayangin kalo sehari dia berkali-kali nge-twit, sudah gitu kalikan dalam sebulan. Berapa duit yang bisa dia bawa pulang per bulannya? Modal nge-twit doank lho, yang bisa dilakonin pakai Hape sambil nongkrong di Kafe.



Tapi saya rasa blog tetap punya tempat khusus dan belum bisa ditinggalkan. Soalnya dengan blog kita bisa mengekspresikan diri dan menampilkan tulisan kita secara lengkap, plus tulisan kita tidak akan mudah hilang dari pengamatan mbah Google. Beda dengan Twitter yang bisa bikin tweet kita bisa tenggelam di lautan twit. Wong per harinya saja bisa ratusan ribu twit yang beredar.

Dan dari yang saya tahu hobi menulis bisa menjadi pengubah hidup. Menulis merupakan media yang positif untuk mengikat makna dari kehidupan yang kita jalanin, hal-hal apa saja yang kita lihat dan rasakan, serta melatih pikiran kita. Tulisan kita bisa menjadi media untuk merefleksi diri dan memacu kita untuk selalu belajar dan menambah wawasan. Dan blog buat para penulis pemula kaya saya bisa menjadi media untuk berlatih menulis secara apa adanya, sesuai yang kita mau, sebelum kita melangkah ke yang lebih jauh. Misalnya menulis buku.

Kata oom Budiman Hakim (@budiman_hakim) di salah satu twit-nya, kurang lebih, “setidaknya sekali dalam seumur hidup kita, kita harus bisa menerbitkan 1 buku.” Ya gimana bisa menerbitkan buku khan  kalau kita tidak terbiasa menulis. Dan bagaimana tahu tulisan kita bagus atau tidak, kalau tidak ditampilkan di sebuah media umum. Dan blog salah satu sarana yang tepat untuk itu bagi pemula.

Mungkin saya termasuk yang telat untuk punya hobi menulis di blog. Tapi gapapa kali ya, dari pada tidak sama sekali :D. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

5 comments:

dondigdo said...

mas anton. salam kenal ya. sukses selalu. see you on top :D

Anton Fathoni said...

salam kenal juga, oom dondigdo. yup, see you on top, my brother :)

dondigdo said...

mas anton sing mambune mbuh ora weruh. mana nih ketikan terbarunya. sekejap ada, sekejap tak ada.

Anton Fathoni said...

durung ono inspiresyen. ora ngerti pen ngetik opo. sabar yo, le

dondigdo said...

gua kasih ide nih. lo pantengin aja tuh jalanan, pasti ada yang unik deh. atau kasih trik khusus cara bergaya boxer lo :D

You might like