Thursday, July 19, 2012

I love "Control + Z"


Salah satu (atau dua) hal yang membuat saya cukup senang belajar hal-hal yang berbau komputer, walaupun bukan yang rumit-rumit seperti programming dan lainnya, adalah adanya tombol Ctrl + Z (alias fasilitas undo) dan backup data :D. Beberapa yang biasa saya ulik seperti penggunaan  layanan-layanan di internet (terutama social media), software-software office, Operating System (OS), saham, download, desain grafis, dll..


Ya, 2 hal inilah yang membuat saya berani mencoba hal-hal baru di bidang komputer ini. Dua hal yang bisa dibilang 'mewah' dalam belajar sesuatu di dunia nyata. Dibilang mewah, karena anda boleh melakukan kesalahan, tanpa konsekuensi apapun, dan bisa belajar secara efektif dari kesalahan yang anda buat. Kalau anda bikin salah, biasanya jadi lebih ingat, khan? Mana ada yang kaya gini, kalau bukan di komputer. Manusiawi kalau orang takut bikin salah, biarpun dalam rangka belajar suatu hal baru.



Seringkali gara-gara dua hal tadi, saya malah suka 'menantang' coba bikin kesalahan, dan pingin tahu 'what the worst can be happen?'. Kalo salah? Eit, saya bisa balikin lagi ke yang sebelumnya, tinggal pakai Ctrl + Z. Or bisa tinggal pencet tombol balikin ke default. Kalau data terlanjur kehapus, masih ada back up. Masa iya komputer jadi 'mbledug' gara-gara bikin salah. Emangnya KOMPUTER itu KOMpor diPUTER :)). Emang bisa aja sih, tapi kalo ke ngutak-ngatik hardware. Misal power supply-nya komputer yang lagi panas plus ada percikan api dari kabel listrik ditaruh ke dekat jerigen bensin, hehehe... 


Oke balik lagi, ke yang tadi. Dari hal-hal ini saya belajar sesuatu tentang pembelajaran. Untuk menjadi ahli dalam suatu hal, kuncinya adalah:

  1. Passion. Jadi apa yang kita lakuin itu memang minat kita dan kita enjoy melakukannya.
  2. Curiousity alias rasa ingin tahu yang besar. Hal inilah yang akan menjadi pendorong kita untuk mencoba dan mengeksplorasi
  3. Berani mencoba, tapi tidak bodoh. Jadi keberanian kita mencoba adalah sesuatu yang bagus, tapi tentunya dengan risiko yang terukur dan terkendali. Tidak melewati batas. Ibaratnya berani ngebut, tapi pakai perhitungan dan tanpa membahayakan diri dan orang lain.


Dengan modal hal-hal seperti tadi, saya menemukan banyak orang menjadi ahli dalam suatu bidang, tidak hanya komputer, walaupun tanpa pendidikan formal atau guru. Ada yang cuma lulusan SMA, tapi jago banget soal bikin website, ada yang bukan lulusan jurusan manajemen pemasaran tapi malah punya perusahaan konsultan pemasaran gede, dll..


Walaupun dalam hidup tidak ada tombol Undo, setidaknya 3 poin tadi bisa jadi pedoman dalam pembelajaran yang lebih efektif.

Aah... coba kalau dalam kehidupan nyata ada Control + Z, heu :D


Sumber gambar: designsbymeg.com

No comments:

You might like